Keberhasilan Bumdes Hatukau, Sisihkan 10 Persen Untuk Masyarakat Miskin

Omzet penghasilan Bumdes Hatukau Desa Batu Merah Kota Ambon hingga 40 juta, penghasilan inipun disisipkan 10 persen untuk masyarakat miskin.

Keberhasilan Bumdes Hatukau, Sisihkan 10 Persen Untuk Masyarakat Miskin
Ketua BUMDes Hatukau Fahrul Amar. (Foto: Humas Kemendes PDTT).

Rujukandesa.com -- Baru lima bulan menjalankan usaha, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Hatukau Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon berhasil meraih omzet hingga Rp40 Juta. Tak hanya untuk menambah Pendapatan Asli Desa (PADes), keuntungan usaha yang dikelola BUMDes ini juga disisihkan untuk kegiatan sosial, Sabtu (30/01/2021)

"Sesuai AD/ART (Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga) kita, 30 persen pendapatan BUMDes kita berikan untuk pendapatan desa, 10 persen untuk kegiatan sosial seperti untuk masyarakat miskin dan lain-lain," ujar Ketua BUMDes Hatukau, Fahrul Amar, Kota Ambon.

Fahrul mengatakan, BUMDes Hatukau mulai menjalankan usaha penyewaan kios dan toko sembako sejak Juli tahun 2020 yang lalu. Saat ini, BUMDes Hatukau telah menyewakan sebanyak 22 kios pertokoan.

"Ada 22 kios. 11 kios untuk kuliner, 11 sisanya non kuliner," ujarnya.

Terkait toko sembako, lanjutnya, BUMDes Hatukau tak hanya menjual produk di toko secara langsung, namun juga melayani penjualan secara online melalui situs www.balidoo.bumdesmart.id.

Menurutnya, penjualan secara online sangat membantu masyarakat setempat yang ingin berbelanja kebutuhan pokok di masa pandemi covid 19.

"Karena sejak tahun 2020 kemarin Indonesia dilanda pandemi, jadi meskipun tetap di rumah mereka (masyarakat sekitar) bisa beli melalui aplikasi BUMDes kita," ungkapnya.

Tak hanya itu, BUMDes Hutakau juga terus melakukan inovasi untuk dapat membantu meningkatkan PADes. Tahun ini, BUMDes yang ia pimpin tersebut mulai mengembangkan usaha baru yakni pasar pusat oleh-oleh dan kedai kopi keliling.

"Kita akan genjot untuk dapat hasil yang lebih baik. Insyaallah ada target -tarhet yang sudah dipersiapkan untuk hal itu," ujarnya.

Penulis : Redaksi

Editor : Abdul Kadir

Cek Fakta
CEK FAKTA LAINNYA